KOMUNIKASI…….

Komunikasi…..udah sering deh kayaknya kata itu didengarkan…..

Banyak ilmu yang bahas masalah komunikasi ini, macam-macam jenis komunikasi dikupas abis. Bahkan ada jurusan sendiri di perguruan tinggi cuma bahas masalah komunikasi.

Kalo komunikasi udah gak jalan, wah……. masalah sepele, sekecil apapun bisa bikin perang besar berkobar. Gak hanya masalah antara sesama keluarga atau sama teman aja, tapi masalah negara bisa terjadi cuma gara-gara komunikasi yang gagal.

Begitu juga dengan aku. Masalah komunikasi sangat penting. Salah informasi bisa bikin gak bisa tidur nyenyak. Gak mau makan, gak mau ngapa-ngapain. PUSIIIIIIINGGGG deh…..

Berprasangka buruk jadi soslusi singkat untuk komunikasi yang gagal. Mikir yang gak bener terus…. Beneran dia kayak gitu ? Apa dia beneran ? Apa dia udah gak peduli lagi sama aku ? kenapa dia kayak gitu ? Jangan-jangan dia disana sama yang lain….. segala macam prasangka buruk terlintas dikepalaku….

Sampai sekaran pun, komunikasiku masih aku anggap gagal. Karena komunikasi yang baik adalah kedua orang yang bersangkutan ngomong dengan nyaman. Ngomong tentang semua yang dirasakan, ngomong tentang semua yang dipikirkan, ngomong tentang semua yang diharapkan…… bukan dipendam sendirian.

Susah memang jika berhubungan dengan seseorang tapi kita gak tahu jalan pikirannya. Kita gak tahu apa yang sedang dipikirkannya, apa yang sedang dipusingkannya. Mau bantu tapi gak tahu mau bantu apa, bagaimana cara membantunya. Dilakukan apa adanya malah bisa bikin kacau keadaan.

Diam bukan solusi yang baik. Diam hanya akan menambah sakit. Diam tidak selamanya emas. Komunikasi harus tetap terjadi, komunikasi harus tetap jalan. Dengan berbagai cara, dengan media apa saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s