HIDUP ADALAH PILIHAN

Hidup adalah pilihan kata temenku, si ibu Persid.

Memang…..Apapun yang sekarang terjadi dan kita lakukan adalah atas pilihan kita sendiri. Kalo jadinya kita bahagia, berarti kita bener milihnya, tapi kalo sekarang kita sedih itu berarti kita milihnya masih belum pinter.

Kenapa aku bahas ini, soalnya kemarin, 23 Juli 2008, aku ketemuan ama temen-temen se geng kuliah, meskipun baru sebagian aja. Tiba-tiba aja kami ngomongin masalah hidup yang saat ini kami jalani masing-masing.

Si ibu Persid ini dia yang udah nikah duluan diantara kami berempat. Dia udah pernah hamil, tapi putranya tidak bisa bertahan. Dua kali dia hamil dan tidak berhasil. Sampai dia pernah terpikir tidak percaya lagi dengan Tuhan. Tapi karena dia kuat, dia bisa bertahan sampai sekarang, apalagi dia sering ditinggal suaminya tugas luar kota. Hebat. Salut aku sama sahabatku yang satu ini.

Yang kedua adalah si ibu gaul. Dia semula orang yang sangat gaul, bebas pergaulannya, siapa cowok yang gak kenal ama dia. Tapi sekarang dia udah berubah 180 derajat. Dia sekarang berjilbab dan akan segera menikah meskipun dengan duda anak dua. Tapi gak masalah. Asal kita semua bahagia menjalaninya.

Yang ketiga si ibu gemuk. Ibu satu ini serasa menjadi ibu diantara kami berempat. Dia belum menikah, dan aku gak tahu bagaimana kehidupan asmaranya. Yang pasti dia dosen yang hebat.

Yang terakhir aku. Kisah hidupku udah aku ceritakan di blog ini.

Dengan hidup kami yang beraneka ragam itulah kami bisa kuat bersahabat sampai sekarang. Sebenarnya masih ada tiga orang lagi , tapi yang 1 masih di Arab, bekerja. Dan yang dua lainnya sibuk dengan kesibukan menjadi ibu rumah tangga.

Hidup kita memang pilihan kita. Manis, pahit, Bahagia, Sedih, Cinta, Patah Hati itu adalah bagian  konsekwensi dari pilihan kita. Dan kita harus bisa mempertanggungjawabkan pilihan kita masing-masing.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s