Seru juga main saham……

Seru juga main saham, meskipun cuma simulasi aja.

Kemarin, 9 Juni 2010, komunitas mahasiswa dikampus aku, STIKOM Surabaya (www.stikom.edu) ngadain lomba simulasi saham.  Lumayan juga ternyata pesertanya. Meskipun dari jurusan Akuntansi sendiri cuma sedikit yang ikut, kebanyakan mahasiswa S1-SI yang ikut. Aku agak telat sih datang ke tempat lomba yang berada di Sentra Informasi dan Edukasi PT ursa Efek Indonesia, gedung IDX Surabaya, Jl. Basuki Rahmat No. 46, http://www.idx.co.id.

suasana lomba

suasana lomba

Dari Rangkaian acara yang ada, acaranya dimulai pukul 8.00 tapi ternyata molor.  Jam 09.00 baru dimulai. Dengan dua pembicara yang memberikan gambaran umum tentang apa itu saham, bagaimana sistemnya dan cara penggunaan aplikasi simulasi. Lumayan, diingetin lagi setelah apa yang aku dapat dari kuliah kemarin dah agak lupa.

Setelah makan siang, barulah lomba dimulai. Aplikasi yang digunakan untuk simulasi adalah JATS (Jakarta Automated Trading System). Wah, mulai deh…jual beli saham dimulai. Seru…deg-degan juga untuk menunggu saham yang  kita tawarkan untuk dijual bisa dibeli oleh teman yg lain. Lau diakhir tiap sesi akan ketahuan berapa rupiah yang kita peroleh dari dana awal yang diberikan sebesar 1.000.000.000. Berada diposisi keberapa kita sekarang. Ada 3 sesi di lomba ini.

Seru sekali antar peserta. Ada yang saling olok-olok, jika yang semula posisi tinggi tiba-tiba turun langsung alias terjun bebas ke posisi bawah. Oh ya, posisi ini dilihat dari ROI yang didapat selama sesi simulasi berlangsung.

Diantara para peserta memang terdapat beberapa peserta yang sudah pernah mengikuti lomba seperti ini sebelumnya. Dan yang akhirnya jadi pemenang pun adalah yang sudah pernah ikut itu. Tapi lumayanlah, ada pengetahuan baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s